Rempah Tubruk, Minuman Herbal Segar, Minuman Sehat Bebas Pengawet, Alternatif Minuman Alami sekaligus Obat berbagai macam penyakit Tanpa Efek Samping
Shopping Cart
shopping cart 0 item
News
12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah detail

4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu... detail

4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah... detail

7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis detail

» index berita

News

Kenapa MSG Berbahaya???

4 Juni 2012

KENAPA MSG BERBAHAYA...???

MSG-Rempah Tubruk

MSG, banyak daiantara kita yang pastinya sering mendengar istilah tersebut. MSG merupakan kependekan dari salah satu jenis asam amino monosodium glutamat atau mononatrium glutamate. MSG sebenarnya merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial yang jumlahnya sangat melimpah di alam, asam amino merupakan senyawa penyusun protein bagi tubuh . Kandungan glutamate pada MSG memberikan rasa gurih pada zat ini dan biasa disebut dengan umami. MSG atau asam glutamate secara alami sebenarnya banyak terkandung pada beberapa tanaman, daging hewan, ganggang laut, rumput laut, serta ikan. Dimana makanan tersebut akan memberikan flavor gurih dan sedap ketika kita masak secara alami meskipun tanpa menggunakan bumbu apapun.

Namun , karena MSG atau asam glutamate yang terkandung secara alami tersebut dinilai tidak memberikan hasil yang sempurna untuk kepentingan manusia, maka asam glutamate tersebut diisolasi dan diproses sedemikian rupa sehingga berubah menjadi garam glutamate yang biasa disebut MSG, vetsin, penyedap rasa, atau nama yang lain. Proses pembuatan MSG memiliki beragam cara dan membutuhkan tahapan yang panjang, hingga menghasilkan MSG dalam bentuk krisal-kristal kecil seperti yang banyak kita kenal di pasaran.

Saat ini bahan baku yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan MSG adalah adalah molasses yang berasalh dari tetes tebu. Molasses kemudian mengalami berbagai macam proses seperti fermentasi serta hidrolisis yang panjang dengan melibatkan bakteri dan zat-zat kimia lain yang dapat mendukung proses tersebut hingga dihasilkan MSG dalam bentuk kristal. Proses produksi MSG yang panjang ini tentu telah merubah susunan alami dari asam amino glutamate itu sendiri.

Proses pembuatan MSG yang panjang ini dapat menjadikan flavor MSG lebih gurih dan lebih disukai masyarakat daripada kandungan glutamate secara alami pada hewan maupun tanaman. Dan ini menyebabkan banyak masyarakat yang menggunakan MSG pada makanan yang mereka konsumsi sehari-hari, karena selain memberikan rasa gurih, harga dari MSG yang beredar di pasaran juga cukup murah, serta penggunaannya dapat menggantikan bumbu rempah-rempah yang biasa digunakan masyarakat sehari-hari.

Secara alami asam glutamate merupakan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk protein dan merangsang saraf pada indra pengecap. Dan asam glutamate merupakan asam amino non-essensial yang berarti jenis asam amino ini dapat diproduksi oleh tubuh secara alami, dan asam glutamate alami yang terdapat pada tanaman dan hewan hanya merupakan tambahan saja untuk tubuh kita. Hal inilah yang melatarbelakangi menkonsumsi MSG secara terus menerus memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh. MSG yang beredar dipasaran dan yang sering kita konsumsi merupakan hasil olahan industry yang telah mengalami berbagai proses dan penambahan zat kimia lain, dimana hal ini pasti akan merubah struktur dari asam glutamate itu sendiri, dan akhirnya akan menghasilkan zat baru yang merupakan MSG sintetis, atau lebih sering kita kenal dengan MSG, vetsin, penyedap rasa atau yang lainnya.

Konsumsi MSG sintetis yang beredar di pasaran secara terus menerus tentu akan menimbulkan efek samping bagi tubuh. Hal ini karena MSG sintetis yang banyak beredar di pasaran pada dasarnya adalah zat asing bagi tubuh, karena sudah mengalami modifikasi dari asam glutamate alami, dimana hal ini akan memicu tubuh untuk melawan zat asing ini dan cenderung menganggapnya sebagai musuh bagi tubuh. Ketika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama dan terus menerus, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan efek samping bagi tubuh. Efek paling ringan yang dapat timbul misalnya alergi, karena tubuh sensitif terhadap benda asing sehingga menimulkan reaksi alergi, sedangkan efek jangka panjang tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan mutasi sel dalam tubuh, dimana mutasi sel ini menjadi pemicu timbulnya kanker.

Banyak pro kontra terkait penggunaan MSG, MSG aman ketika penggunaannya dibatasi dan tidak digunakan terus menerus. Ketika system kekebalan tubuh seseorang itu baik, masuknya MSG dalam tubuh tidak akan menimbulkan reaksi, namun ketika konsumsi MSG secara terus menerus makan lama-kelamaan pasti akan direspon oleh tubuh dan dapat menimbulkan efek negatif bagi fungsi metabolisme tubuh yang lain. Efek negative ini memang lebih sering bersifat akumulasi dan baru kelihatan setelah penggunaan beberapa tahun kemudian, namun dampaknya pun juga fatal bagi tubuh. Jadi ketika anda masih mengkonsumsi MSG, lebih baik mulai batasi penggunaannya, dan ketika anda tidak menggunakan MSG itu jauh lebih baik.

www.rempahtubruk.com



Baca juga
  » 12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah

  » 4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu...

  » 4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah...

  » 7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis

  » 26 Mei 2012
Resep Cumi-cumi Saus Hitam
Resep Cumi-cumi Saus Hitam

Search
Search:
Information
3 user sedang online
Anda pengunjung ke-126,482

© 2012 www.rempahtubruk.com


Toko Online